H-4 Lebaran, 2.679 Pemudik Tiba di Pelabuhan Belawan Medan

Pemudik tiba di Terminal Bandar Deli, Belawan.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - H-4 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, lonjak pemudik melalui jalur laut, sudah tampak di Terminal penumpang Bandar Deli, kawasan Pelabuhan Belawan, Selasa 18 April 2023. Tercatat 2.679 penumpang mudik menggunakan Kapal Motor (KM) Kelud.

Pengendalian Inflasi Usai Idulfitri dan Libur Nasional, Ini Pesan Tito Karnavian

KM Kelud menyandar Pelabuhan Belawan, Kota Medan, pada pukul 12.30 WIB. Dengan rute pelayaran dari Jakarta-Batam-Medan. Jumlah tersebut meningkat dibanding pada H-6 sebelumnya yakni 2.462 orang.

Kepala PT Pelni Cabang Medan, Biwa Abi Laksana menjelaskan bahwa sudah terjadi peningkatan mobilitas pemudik, menggunakan kapal lautpada arus mudik Lebaran 2023 ini.

Selama Angkutan Lebaran 2024, KAI Sumut Angkut 187.584 Penumpang

“Memang dari rute kemarin sudah ada peningkatan. Kalau kemarin ada 2.462 penumpang kalau saat ini ada 2.679 orang,” ucap Biwa kepada wartawan.

Biwa menjelaskan puncak arus mudik, diperkirakan terjadi pada H-2 atau 20 April 2023 dengan prediksi penumpang mencapai angka 3 ribu orang. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, PT Pelni menambah armada kapal dengan mengerahkan KM Dorolonda. KM Dorolonda untuk antisipasi penumpang yang hendak berangkat tujuan Medan – Batam-Tanjung Priok, Jakarta dapat terakomodir.

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut Saat Menuju Malaysia

“Dikarenakan KM Kelud bolak-balik, Batam ke Belawan. Sehingga penumpang tujuan tanjung Priok maka diperbantukan dengan KM Dorolonda yang rencana tiba besok tujuan Medan-Batam-Tanjung Priok dengan penumpang ditaksir mencapai 2 ribu orang,” jelas Biwa.

Sedangkan, untuk puncak arus balik dari Terminal penumpang KM Kelud yang hendak berangkat ke luar Medan diprediksi akan terjadi pada 30 April 2023, mendatang.

Halaman Selanjutnya
img_title