KAI Sumut Gandeng BBN Lakukan Tes Urine Terhadap Awak Sarana Perkeretaapian

Tes urine dilakukan terhadap petugas ASP di Stasiun Besar Medan.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN) Sumut, melakukan test urine terhadap awak sarana perkeretaapian (ASP), yang akan menjalani tugas pelayanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Longsor Terjang Tapanuli Utara, 4 Tahun Tewas Tertimbun

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin menjelaskan kegiatan dilaksanakan, untuk memastikan layanan kereta api di masa angkutan Lebaran 2023, berjalan aman, nyaman dan selamat.

"Dari segi sarana, prasarana, fasilitas penumpang, pengamanan, hingga penyediaan tiket kepada pelanggan KA. Kemudian, kesiapan dari awak sarana perkeretaapian, juga telah siap menjalankan dinasan dengan aman pada masa angkutan lebaran 2023," sebut Anwar, Selasa 18 April 2023.

Hutama Karya Segera Operasikan Tol Indrapura - Kisaran, Jarak Tempuh Semakin Dekat

Kegiatan tes narkoba secara acak berlangsung di Stasiun Medan. Anwar mengatakan pemeriksaan tes urine ini diikuti 20 ASP, yang terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Petugas Layanan Kereta, Teknisi Kereta Api dan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Selain itu, pemeriksaan tes urine juga dilakukan kepada petugas Polisi Khusus KA (Polsuska), serta Petugas Langsir.

"Pemeriksaan tes narkoba hari ini dilakukan di luar pemeriksaan rutin kepada ASP saat mereka akan melaksanakan dinas. Kami ingin memberikan jaminan keamanan dan keselamatan, perjalanan KA kepada para pelanggan KA. Khususnya pada saat masa Angkutan Lebaran Tahun 2023," sebut Anwar.

Diduga Menyelundupkan Sabu 19 Kg, 3 Wanita Asal Bogor Ditangkap di Bandara Kualanamu

Anwar mengharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan tes narkoba ini, dapat meyakinkan bahwa ASP yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya, sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung.

"Selain itu, pemeriksaan tes narkoba ini juga sebagai bentuk penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan PT KAI Divre I Sumut," ucap Anwar.

Halaman Selanjutnya
img_title