Ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan Dibuka, Saat Arus Mudik Lebaran 2023

Ruas jalan tol trans Sumatera.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), pastikan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah siap untuk dilintasi pemudik. Tidak hanya menyiapkan ruas tol tol JTTS yang telah beroperasi, juga menyiapkan sejumlah ruas JTTS untuk dibuka secara fungsional pada mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

Dua diantara ruas yang akan difungsionalkan tersebut yakni Ruas Binjai-Pangkalan Brandan dan Ruas Indralaya-Prabumulih. Adapun dua ruas ini tengah dibangun oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 12 km sebelumnya telah dioperasionalkan pada tahun 2022. Di tahun ini, lanjutan Jalan Tol Binjai-Stabat yakni Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,2 km akan difungsionalkan untuk mudik Lebaran tahun ini.

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti menjelaskan progres fisik jalan Tol Stabat-Kuala Bingai per 7 April 2023 telah mencapai 95% dan akan siap difungsionalkan pada tanggal 15 April 2023 mendatang.

“Pada ruas tol ini, HKI juga mengerjakan gerbang tol dan kantor gerbang tol yang terletak di Jalan Proklamasi, Desa Kuala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, yang dapat digunakan saat mudik Lebaran nanti,” sebut Aji, Jumat 14 April 2023.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Aji menjelaskan masyarakat pun, bisa mengakses jalan tol mulai dari Medan-Binjai yang tersambung dengan Tol Binjai-Stabat, hingga Tol Stabat-Kuala Bingai. Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 km juga akan difungsionalkan sepenuhnya, beserta dua rest area yang terletak di KM 56 yakni Rest Area di Jalur A (arah Prabumulih) dan Rest Area di Jalur B (arah Palembang).

“Pada setiap rest area ini, HKI mengerjakan sejumlah fasilitas umum seperti masjid, pujasera, klinik, bengkel, bangunan komersil, dan toilet,”ucap Aji.

Halaman Selanjutnya
img_title