Gempa Bumi Magnitudo 6,4, Ini Langkah Dilakukan Pemko Padangsidimpuan

Warga panik saat gempa magnitudo 6.4 guncang Kota Padangsidimpuan.
Sumber :
  • Tangkapan Layar Facebook Sekitar Labura

VIVA Medan - Gempa bumi dengan kekuatan magnitude 6,4 terjadi di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Senin malam, 3 April 2023, sekitar pukul 21.59 WIB. Atas bencana alam ini, Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melakukan sejumlah langkah untuk masyarakat.

PKS Sumut Siapkan Kader Terbaik dan Potensial untuk Bertarung di Pilkada 2024

Hal itu, disampaikan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padangsidimpuan, Zulkifli Lubis. Ia mengatakan untuk gempa bumi sangat dirasakan dan membuat masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun, situasi aman dan kondusif.

"Aman tapi keras kali (guncangan gempa bumi), ada 30 detik saya rasakan," sebut Zulkifli saat dikonfirmasi VIVA MEDAN, Senin malam, 3 April 2023.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi, Pertamina Sumbagut Pastikan Suplai BBM Aman

Zulkifli mengungkapkan berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padangsidimpuan, belum ada laporan kerusakan bangunan rumah warga. Namun, tengah dilakukan pemantauan di lapangan saat ini.

"Untuk saat belum ada kerusakan bangunan, pasukan kita dan BPBD Padangsidempuan, wanti-wanti situasi gempa ini," ucap Zulkifli.

Ubah Hasil Pemilu 2024, Tujuh Anggota KPPS Masuk DPO Polres Tapteng

Zulkifli mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan pasukan atau personil berkordinasi dengan BPBD Padangsidempuan dan TNI/Polri, untuk melakukan antisipasi gempa susulan, bila nanti terjadi.

"Mana tahu ada gempa susulan, yang tidak diinginkan. Bisa gerak cepat, kita sudah kordinasi antara stekholder antara TNI/Polri di Padangsidimpuan," jelas Zulkifli.

Halaman Selanjutnya
img_title