Seeding Run Balapan Sepeda PON 2024, Tentukan Posisi Start di Final

Seeding Run MTB Individual Downhill (DHI) Putri PON 2024 Aceh-Sumut.
Sumber :
  • Dok PB PON 2024 Wilayah Sumut

VIVA Medan - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut, sudah dimulai pertandingan cabang olahraga (cabor) balap sepeda PON XXI Aceh - Sumut 2024 di Tahura Bukit Barisan, di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Karo, Minggu 8 September 2024.

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Dadang Haries Purnomo menjelaskan hari sudah merampungkan babak Seeding Run atau kualifikasi di nomor Individual Downhill (DHI) kategori putra dan putri. Dadang menjelaskan, Seeding Run sendiri dilaksanakan untuk mencari posisi pembalap yang terbaik pada Final Run atau babak final.

"Jadi, Seeding Run hari ini, untuk menentukan hasil pebalap tercepat yang akan menempati posisi start pada Final Run besok," ucap Dadang di venue PON XXI 2024 Tahura Bukit Barisan.

Boling Ganda Putri Sumut Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

Ia menyebut, keuntungan pada Seeding Run ini adalah pembalap yang tercepat akan lebih mudah untuk mengontrol lawan-lawannya, dikarenakan pebalap tersebut, akan memulai lomba dari posisi start paling belakang.

"Keuntungannya di situ. Sebenarnya, dari posisi Seeding Run tersebut sudah terlihat siapa saja pebalap yang akan paling punya kans untuk menempati posisi satu sampai tiga," jelas Head Coach MTB Timnas Indonesia ini.

Closing Ceremony PON 2024 di Sumut, Terapkan Pengamanan Sistem Tiga Ring

Meski demikian, kata dia, hal itu tidak serta merta menutup kemungkinan bagi atlet yang berada pada posisi empat sampai seterusnya, untuk dapat meraih kesempatan di posisi tercepat hingga mampu menjadi yang terbaik di nomor ini.

"Karena di nomor Downhill ini, masih banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi, berbagai faktor X dan sebagainya. Pada intinya, Seeding Run ini sangat bagus untuk melihat potensi-potensi pebalap yang akan punya peluang terbesar menjadi juara pada di Final Run nantinya," jelasnya.