Atlet Jujitsu Berlatih Tanpa Teknik, Target 1 Emas PON 2024

Jujitsu Sumut target 1 emas PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Jujitsu Sumatera Utara (Sumut) usung target 1 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh Sumut. Saat ini, 8 jujitsan yang dipersiapkan untuk PON 2024, menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) Sumut.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Wakil Ketua Pengurus Besar Jujitsu Indonesia (PBJI) Sumut, Samuel Tampubolon mengatakan, mengejar target tersebut, delapan jujitsan yang akan turun di delapan nomor yang dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang.

Didampingi Sekum PBJI Sumut, Yacobda Sigumonrong, Samuel mengungkapkan, selama dua tahun menjalani Pelatda para jujitsan hanya menjalani latihan fisik. Sementara latihan teknik terabaikan, karena ketiadaan pelatih khusus bidang teknik. Para jujitsan yang dipersiapkan hanya melakukan latihan fisik selama dua tahun, tanpa teknik.

Percasi Sumut Siapkan 5 Pecatur Putri Tampil di PON 2024

"Berdasarkan petunjuk dari Ketua Umum PBJI Sumut, latihan teknik baru akan dimulai setelah pelatih dari Brazil datang, Desember mendatang. Sehingga selama ini delapan atlet yang menjalani Pelatda hanya menjalani latihan fisik," ujar Samuel di Posko PON XII Aceh - Sumut Wilayah Sumut di Kantor Dispora Sumut, Jumat 25 Agustus 2023.

Sedangkan latihan teknik merupakan inisiatif club tempat jujitsan selama ini bernaung. Selain itu, aku Samuel, kendala lain adalah masalah sarana tempat latihan yang masih menumpang di padepokan judo di Jalan Gaharu Medan dan lapangan Jasdam di Jalan Gaperta Medan.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Sementara itu, Sekum PBJI Sumut Yacobda Sigumonrong mengatakan, delapan atlet yang masuk Pelatda merupakan atlet yang diajukan oleh club-club Jujitsu berdasarkan hasil Kejurnas Desember 2022 lalu.

Di antara delapan jujitsan tersebut empat diantaranya merupakan atlet prioritas karena peroleh medali pada Kejurnas. Mereka masing-masing Suci peraih perak, Irfan (perunggu), Ihsan (perunggu) dan raihan (perunggu).