Resmi Dipertandingkan, Kurash Sumut Target 10 Medali PON 2024

Kurash Sumut target 10 medali di PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 menjadi perdana bagi cabang olahraga Kurash dipertandingkan. Status sebagai tuan rumah, Kurash Sumut usung target 10 medali dengan 3 emas diantaranya.

KONI Sumut Kirim Long List PON 2024, Atlet Sumut Bertambah Menjadi 1.130 Orang

Sekretaris Umum Pengprov Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Sumut, Julius Bangun mengatakan, target 3 emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Optimis tinggi diusung lantaran untuk persaingan di nasional masih terbilang merata karena baru terbentuk di Indonesia pada 2016.

“Saat ini kita memiliki 3 pelatih dan tiga wasit yang sudah bersertifikat. Kita akan perbanyak lagi untuk menghadapi PON. Harapan kita bisa dapat lebih dari tiga emas. Dengan kekuatan delapan atlet hasil tes fisik bulan lalu, kita yakin itu,” ucap Julius dalam paparan di Posko publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut di Kantor Dispora Sumut, Senin 14 Agustus 2023.

Dukung PWI Sumut Ikut Porwanas Banjarmasin, FPKS Perjuangkan Anggaran di APBD 2024

Kemudian Kabid Binpres Ferkushi Sumut, Safridoli menambahkan saat ini ada 8 atlet yang masuk pelatda jangka panjang KONI Sumut menuju PON. Begitupun, Pengprov tetap mempelatdakan 4 atlet tambahan secara mandiri untuk mengisi kuota 12 nomor yang dipertandingkan pada PON 2024.

“Untuk mewujudkan target kita di PON, kita saat ini fokus pada melatih teknik dan fisik khusus. Kita juga berencana mengirimkan atlet secara bertahap ke lampung untuk latihan di Pusat latihan nasional di sana,” jelasnya.

1.438 Atlet dan Pelatih Pelatda PON Sumut Dicover BPJS Ketenagakerjaan, Jamin Rasa Aman dan Nyaman

Kemudian di 2024, pengurus juga akan mengikuti kejuaraan kurash tingkat nasional kategori U-17 dan U-22 sebagai ajang try out menuju PON. Lalu, Pengprov Ferkushi juga melakukan sirkuit (kejuaraan) internal secara berkala dengan libatkan atlet dari Pengcab di kabupaten/kota.

“Pada kejuaraan November 2022 lalu, kita kirim dua atlet dan meraih 1 perunggu. Memang untuk saat ini atlet dari DKI Jakarta, Surabaya (Jatim), dan Bandar Lampung bagus-bagus. Tapi kita punya nomor andalan juga di putra dan putri. Seperti di kelas fighting -73 kg putra dan seni putra serta fighting -63 kg putri,” kata Safridoli.

Halaman Selanjutnya
img_title