Respon Ketua DKPP Terkait Dugaan Bocornya DPT Milik KPU RI

Ilustrasi Pemilu 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Kasus kebocoran data pribadi kembali terjadi di Indonesia. Kali ini pelaku peretasan mengklaim sudah mencuri dan mendapatkan akses admin ke situs KPU RI. Atas hal itu, data pemilih tetap milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI diduga bocor.

Caleg Berasal dari 11 Kabupaten/Kota Ajukan PHPU ke MK, Ini Kata KPU Sumut

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Heddy Lugito tidak terlalu merespon terkait dugaan kebocoran DPT di KPU RI tersebut.

"Itu urusan KPU, DKPP tidak mengurusi data. DKPP mengurusi etika," Heddy Lugito dalam jumpa pers disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) penyelenggara pemilu di Wilayah I, di Le Polonia Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Kamis 30 November 2023.

Pendaftar PPK Pilkada Serentak 2024 di Sumut Tercatat 8.921 Orang

Ketua DKPP RI, Heddy Yugito.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan

Dugaan kebocoran tersebut, kini tengah diselidiki Bareskrim Polri. Data tersebut diduga berisikan 204 juta data pemilih diduga dibobol hacker. Hal itu dibenarkan Direktur Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri, Brigadir Jenderal Polisi Adi Vivid Bachtiar.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

Kebocoran data tersebut sudah diketahui tim penyidik Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri dari hasil patroli siber yang sudah dilakukan.

"Dugaan kebocoran data KPU kami temukan dari hasil patroli siber yang dilakukan oleh anggota kami," kata dia kepada wartawan, Rabu 29 November 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title