Pasca Wanita Tewas Terjatuh di Lift Bandara Kualanamu, Angkasa Pura Rombak SOP

Petugas amankan lokasi temuan mayat wanita di Bandara Kualanamu.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA - Tewasnya seorang wanita jatuh dari lift Kuanalamu International Airport (KNIA) Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), PT Angkasa Pura Aviasi langsung melakukan evaluasi pada Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk peningkatan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta pembinaan SDM (Sumber Daya Manusia) secara internal.

Sambut Lebaran, Asian Agri Gelar Bazar Minyak Goreng dan Beras Premium Harga Terjangkau

Peristiwa yang terjadi pada 27 April 2023 ini, menjadi catatan khusus bagi Kementerian Perhubungan yang mengarisbawahi bagi pengelola dalam meningkatkan keamanan dan prosedur operasi fasilitas di setiap bandar udara.

"Penyempurnaan prosedur operasi untuk selalu memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta SDM internal  di Bandara Kualanamu," kata Head of Communications PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur, di Tangerang, Senin, 1 Mei 2023.

Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Sekretaris Golkar Sumut: Tidak Ada Mahar

Penyempurnaan prosedur dilakukan sejalan adanya surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tertanggal 30 April 2023 ditujukan kepada PT Angkasa Pura Aviasi.

Di mana, pihak kementerian meminta agar PT Angkasa Pura Aviasi memastikan keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu sesuai PM 81 Tahun 2021 tentang Kegiatan Pengusahaan di Bandar Udara usai kejadian penemuan jasad wanita di Bandara Kualanamu.

Peningkatan Pemudik di Bandara Kualanamu 8,9 Persen, Didominasi tujuan Jakarta dan Batam

Kedatangan penumpang pesawat di Bandara Kualanamu.

Photo :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

"Penyempurnaan prosedur antara lain mencakup prosedur operasional double-sided elevator dan prosedur fasilitas keamanan termasuk CCTV. Rambu di dalam double-sided elevator diperbanyak dan aspek keselamatan lebih ditingkatkan. Pengawasan melalui CCTV wajib dilakukan oleh personil Avsec lebih ketat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title