Moeldoko Kuliah Umum di USU: Program Kartu Prakerja, Diakui Secara Internasional

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko di Auditorium USU.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Program Kartu Prakerja, berperan sebagai mesin pelatihan berskala besar, yang responsif terhadap tren permintaan pasar kerja. Prakerja juga telah terbukti memberikan harapan baru dengan dampak yang luar biasa terhadap dunia kerja di Indonesia.

Transformasi Pendidikan Melalui Literasi dan Infrastruktur Digital

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Staf Kepresidenan yang juga Wakil Ketua Komite Kerja Kartu Prakerja, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, saat memberikan kuliah umum di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Jumat 1 Maret 2024.

"Bahkan, Prakerja saat ini sudah diakui secara Internasional,” ucap Moeldoko dalam menyampaikan materi Kuliah umum ini, dengan tema 'Peluang dan Tantangan Kaum Muda Menuju Indonesia Emas 2045'.

Bendungan Lau Simeme di Deliserdang Ditargetkan Selesai Juni 2024

Untuk diketahui, Program Kartu Prakerja melakukan sejumlah rangkaian acara di Medan, Sumatera Utara yang diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan juga alumni Program Kartu Prakerja yang berasal dari sejumlah Kabupaten/kota.

Di Sumut, Moeldoko menjelaskan sesuai arahan presiden, ada beberapa langkah yang perlu kita ambil untuk mendorong transformasi ekonomi, namun beliau menyatakan bahwa saat ini Indonesia ada di track yang benar, misalnya ditandai dengan adanya gerak langkah kita menuju green economy.

Dihadapan PKDN Sespimti Polri, Pj Gubernur Sumut Beberkan Strategi Pemilu Sukses

Moeldoko mengungkapkan, untuk dapat keluar dari middle-income trap, kita tidak bisa bertumpu pada upah rendah untuk mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi, melainkan kita perlu fokus pada peningkatan produktivitas dan keahlian tenaga kerja di Indonesia.

“Disinilah Program Kartu Prakerja mempunyai peranan besar untuk mendukung peningkatan kompetensi tenaga kerja. Penguatan pelatihan untuk reskilling & upskilling, soft skills, prinsip pembelajaran sepanjang hayat, dan keterampilan teknologi menjadi pekerjaan rumah yang harus dilakukan Program Kartu Prakerja,” jelas Moeldoko.

Halaman Selanjutnya
img_title