PL-KUMKM 2023 Tuntas di Lapangan, Kepala BPS Sumut: Sekarang Proses Validasi Data

Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) 2023, sudah tuntas di lapangan. Kini, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, tengah melakukan proses validasi pengolahan data.

Apresiasi Pergerakan DPW Sumut, Ketum GARPU Pietra M. Paloh Dorong Kader Maju Pilkada Serentak

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin, dalam kegiatan Workshop Indikator Strategis Untuk Insan Pers, di Kota Medan, Selasa 24 Oktober 2023. Nurul menjelaskan meski sudah selesai dan proses validasi pengolahan data, petugas masih akan turun ke lapangan kalau ada yang perlu dicek lagi.

"PL-KUMKM 2023 sudah tuntas di lapangan dan sekarang sedang proses validasi pengolahan datanya," ucap Nurul.

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran 2024, Kehadiran ASN Pemprov Sumut 99,49 Persen

Nurul mengungkapkan pelaksanaan lokasi pendataan PL-KUMKM 2023, tersebar di 19 Kabupaten/Kota di Sumut. Dengan melibatkan sebanyak 3.178 petugas dan dibantu aparatur sipil negara (ASN) setempat yang terkait. Untuk diketahui, PL-KUMKM dilakukan atas kerja sama antara BPS RI dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) pada tahun 2023.

Nurul menjelaskan tujuan dari PL-KUMKM ini, sebagai upaya mendorong terciptanya basis data tunggal Koperasi dan UMKM di Indonesia. Kemudian, BPS Sumut melakukan pendataan langsung ke lapangan mulai pasar hingga ke rumah warga.

Gerakan ABC Dapur MasteRasa Bagikan 12.000 Paket Kebaikan Ramadan di Medan

"Alhamdulillah, hingga usai, tidak ada kendala berarti dalam pendataaan yang dilakukan BPS Sumut," tutur Nurul.

Tidak lepas, Nurul mengatakan program PL-KUMKM 2023, untuk kepentingan data para koperasi dan UMKM. Para UMKM yang tidak terdata, maka tidak masuk dalam database. Sehingga tentunya, tidak terjangkau dalam kebijakan pemerintah menyangkut koperasi dan UMKM.

Halaman Selanjutnya
img_title