Tak Hanya Ibadah Semata, Usbat Ganjar Edukasi Manfaat Sehat Gerakan Salat

Usbat Ganjar edukasi masyarakat soal manfaat gerakan salat.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Ternyata salat memiliki manfaat setiap gerakan bagi kesehatan. Hal inilah yang membuat sukarelawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar mengedukasi warga Kota Medan, Sumatera Utara tentang manfaat kesehatan di balik gerakan salat.

1.438 Atlet dan Pelatih Pelatda PON Sumut Dicover BPJS Ketenagakerjaan, Jamin Rasa Aman dan Nyaman

Edukasi dilakukan Usbat Ganjar Medan bersama Majelis Taklim al-Hasyimiyah di Jalan PAM Tirtanadi, Gang Sejahtera, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatra Utara, Jumat 7 Juli 2023 siang.

“Yang kita sampaikan berkaitan dengan gerakan-gerakan salat yang banyak mengandung manfaat apabila ditinjau dari sisi kesehatan,” kata Koordinator Daerah Usbat Ganjar Medan Muhammad Nizar Nur.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Dalam kesempatan itu, Usbat Ganjar Medan menjelaskan satu per satu gerakan salat beserta hikmah kesehatannya bagi tubuh. Mulai dari berdiri bersedekap, rukuk, i’tidal, sujud, hingga duduk tasyahud. Saat berdiri bersedekap, jelas Nizar, tubuh mudah memproduksi getah bening dan air jaringan dari persendian tangan.

Sehingga gerakan di dalam sendi-sendi bisa lebih lancar dari biasanya. Sementara gerakan rukuk dalam salat dapat memperlancar peredaran darah. Nizar mengatakan rukuk juga bisa mengatasi beberapa keluhan kesehatan seperti nyeri pinggul, dengkul, telapak kaki, dan tulang belakang.

Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborongborong Periksa Kesehatan Pegawai dan Warga Binaan

Pada gerakkan selanjutnya, yaitu i’tidal, bermanfaat sebagai latihan yang baik untuk tubuh karena organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Apabila dilakukan rutin dapat melancarkan pencernaan.

“Kemudian sujud dilihat dari kacamata kesehatan dapat mengoptimalkan atau menormalisasi jantung. Artinya di situ banyak ruang yang mana kerja jantung jadi optimal memompa darah. Ada juga duduk tasyahud untuk mensirkulasi darah,” kata Nizar.

Halaman Selanjutnya
img_title