Ajak Tingkatkan Salat, Usbat Ganjar Ungkap Manfaatnya Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Usbat Ganjar Sumut ungkap manfaat salat bagi kesehatan jasmani dan rohani.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Dibalik kewajiban mendirikan ibadah salat, ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Hal ini diungkapkan sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar dihadapan Majelis Taklim Al-Ishlah

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Kegiatan bertajuk 'Pelatihan Shalat: Ibadah Jasmani dan Rohani' tersebut berlangsung di Jalan Starban, Gg. Rezeki, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa 6 Juni 2023.

Koordinator Wilayah Usbat Ganjar Sumut, Syabrun Jukhoir mengatakan, salat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Selain berpahala, dalam setiap gerakan salat ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborongborong Periksa Kesehatan Pegawai dan Warga Binaan

Kegiatan ini dihelat di Usbat Ganjar Sumut menghadirkan pemateri Muhammad Iqbal Irham yang dikenal sebagai dai, sekaligus trainer psikologi Islam, dan psikoterapi Islam.

"Ada beberapa gerakan-gerakan salat yang mungkin selama ini kita hanya menyepelekan seperti takbiratul ihram itu sendiri, itu ada sebuah gerakan yang coba merekahkan pernapasan guna memperlancar peredaran darah dan begitu juga nafas nafas yang kita keluarkan," ucap Syabrun.

Pemprov Sumut Catatkan Realisasi Pendapatan Daerah Capai Rp12,7 Triliun

Menurut Syabrun, banyak hal yang bakal diperoleh seseorang bila salat dilakukan secara khusyu dan sempurna sesuai syariat, misalnya mendapatkan kesehatan fisik, maupun kebugaran secara jasmani.

Di sisi lain, manfaat salat lainnya adalah mampu menenangkan hati, pikiran, dan jiwa seorang muslim. Sebab, sejatinya ketika salat manusia tengah meninggalkan sejenak kesibukan duniawi untuk memberikan kesempatan bagi rohani atau jiwanya berkomunikasi dengan Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
img_title