Konsumsi Daging Meningkatkan, RPH Medan Sembelih Sapi Capai 1.500 Persen

Pedagang daging sapi (ilustrasi)
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVA Medan - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, konsumsi daging meningkatkan. Terhitung, sejak 19 April hingga 21 April 2023 (H-3) lebaran, angka pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Medan tembus di angka 1.500 persen.

Pengendalian Inflasi Usai Idulfitri dan Libur Nasional, Ini Pesan Tito Karnavian

Kepala Bagian Umum RPH Kota Medan, Mukti Mahyar Tanjung kepada wartawan, Jumat 21 April 2023. Ia tidak membantah, bahwa terjadi peningkatan daya beli masyarakat, untuk membeli daging sapi sebagai menu utama pada 1 Syawal 1444 Hijriah.

“Jika di hari biasa kita rata-rata hanya 12 ekor sapi. Ini dalam tiga hari terakhir ada 174 ekor sapi yang kita sembelih. Hari ini merupakan puncak lonjakannya,” sebut pria yang akrab disapa dengan Ogek itu.

Selama Angkutan Lebaran 2024, KAI Sumut Angkut 187.584 Penumpang

Ogek menjelaskan dibandingkan, tahun lalu, RPH menyembelih sapi sebanyak 142 ekor. Namun, justru terjadi penurunan sepanjang Ramadan hingga H-3 Lebaran 2023. Dalam sehari RPH rata-rata hanya menyembelih 9 ekor sapi.

“Jadi ada penurunan 20-30 persen dari hari biasa,” tutur Ogek.

Selama Angkutan Lebaran 2024, Bandara Kualanamu Melayani 367.939 Penumpang

Sementara itu, Direktur RPH Kota Medan Harisandi Syafril Harahap menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan pembenahan kualitas pelayanan. Sandi mengatakan, pihaknya tengah melakukan inovasi di RPH Kota Medan. Salah satunya, RPH Medan menjual daging ke konsumen dengan harga lebih murah. Dagingnya juga diantarkan langsung kepada konsumen.

“Daging kita langsung antarkan kepada konsumen. Ini sebagai upaya untuk melakukan stabilitas harga, meningkatkan daya beli dan menekan inflasi di daerah,” kata laki-laki yang akrab disapa Sandi ini.

Halaman Selanjutnya
img_title