Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2024, UMSU Boyong Dua Medali Sekaligus

Mahasiswa UMSU boyong 2 medali di Pimnas 2024.
Sumber :
  • Dok UMSU

VIVA Medan - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mencatatkan prestasi membanggakan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-37 di Universitas Airlangga, di Kota Surabaya, Jawa Timur, berlangsung dari 15 hingga 18 Oktober 2024. Dalam kompetisi ini, UMSU berhasil meraih dua medali, yakni satu medali perak dan satu medali kategori favorit.

Keberhasilan ini sekaligus menempatkan UMSU sebagai satu-satunya kampus swasta di Sumatera Utara yang berhasil membawa medali pada ajang bergengsi nasional ini. Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, M.AP menyampaikan ucapan selamat dan merasa bangga kepada mahasiswa yang telah berhasil bersaing dengan kampus-kampus terbaik di Indonesia.

“UMSU akan terus memberikan semangat dan dorongan kepada mahasiswa yang memiliki talenta untuk menyampaikan ide dan gagasannya pada kompetisi yang bergengsi seperti PIMNAS ini,” ungkap Prof. Agussani, Sabtu 19 Oktober 2024.

Selain itu, Rektor berharap dengan adanya prestasi ini, mahasiswa UMSU terus terdorong untuk menyampaikan ide dan gagasan inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat. “Tentunya saya, berharap agar muncul talenta baru dengan ide dan gagasan yang tidak hanya sekedar mampu bersaing dan meraih medali pada event pimnas atau event tingkat nasional lainya tetapi harapanya ide dan gagasan inovasi yang dikembangkan mampu bermanfaat bagi rakyat Indonesia dan menghadapi tantangan persaingan pada era globalisasi yang semakin meningkat,” kata Prof. Agussani.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si menyampaikan turut berbangga atas capaian adik-adik mahasiswa UMSU yang mampu mempertahankan tradisi meraih medali di PIMNAS.

Tidak hanya itu, WR III juga menceritakan bahwasanya perolehan medali tahun ini menjadi sangat Istimewa. "Ada yang Istimewa pada perolehan medali tahun ini. selama ini medali PIMNAS kita mengandalkan dari cabang poster, alhamdulillah tahun ini kita dapatkan dari persentasi terbaik," sebut Rudianto.

Adapun medali yang berhasil diraih UMSU yakni Medali perak oleh tim yang diketuai Angga Pratama dengan karya inovatif berjudul 'HydrilFeed: Pakan Ayam Broiler Berbahan Dasar Hydrilla Verticillata dan Ampas Tahu yang Bernutrisi: Solusi Pencegahan Runtut Stunting Syndrome'. Anggota tim ini terdiri dari Putri Mawadah, Danil Satria Dasopang, Miranda Afifah Anggraini, dan Nanda Arif Permana, dengan dosen Pembimbing Salsabila, S.P., M.P.