KAI Divre I Sumut Gelar Layanan Kesehatan Gratis dengan Rail Clinic

KAI Divre I Sumut gelar layanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic.
Sumber :
  • Dok KAI Sumut

VIVA Medan - Dalam rangka menyambut HUT ke-79 KAI, serta sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar wilayah kerja kereta api, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumut menggelar Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), melalui pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dengan kereta kesehatan (Rail Clinic).

Bakti Sosial Rail Clinic ini digelar di lokasi berbeda, yakni di Stasiun Mambang Muda dan Stasiun Padang Halaban dengan memberikan pelayanan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi, oleh semangat KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia. "Khususnya dibidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA, untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan umum. Program Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program TJSL KAI," sebut Anwar, Rabu 18 September 2024.

Anwar menjelaskan rangkaian Rail Clinic terdiri atas dua kereta diesel dengan fasilitas pelayanan kesehatan antara lain pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, apotek, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kebidanan lanjutan. "Kereta kesehatan juga telah dilengkapi fasilitas dental unit, EKG, USG, autorefraktometer dan laboratorium," kata Anwar.

KAI Divre I Sumut pada kegiatan ini menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 2 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 1 bidan, 2 analis, 2 apoteker. Anwar mengatakan kegiatan bakti sosial Rail Clinic di Stasiun Mambang Muda dan Padang Halaban secara total mengundang 400 orang masyarakat di sekitar stasiun untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.

KAI juga memberikan alat bantu kacamata secara gratis untuk 20 siswa SD. Pembagian kacamata diberikan pada siswa SD yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksanaan mata di sekolahnya. Dalam kesempatan ini juga diadakan sosialisasi terkait dengan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api.

KAI Divre I Sumut menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sepanjang jalur KA yang berpotensi membahayakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA dan keselamatan bersama. Tak lupa juga KAI memberikan sosialisasi terkait pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi Access by KAI kepada masyarakat yang mengikuti pemeriksaan kesehatan.